Perlengkapan Dasar Membuat Video Untuk Pemula

Kamu seorang youtuber baru? Apakah sudah yakin untuk menjadi seorang youtuber? Ya karena banyak orang yang mengatakan untuk bisa menjadi seorang youtuber sukses itu salah satunya harus mempunyai perlengkapan yang mendukung. Seperti kamera, mic dan laptop atau komputer yang mendukung untuk editing hasil dari video yang kamu buat sebelum di upload ke youtube.
peralatan youtube pemula
untuk itu aku akan membahas mengenai beberapa perlengkapan dasar serta mengenai penggunaannya agar bisa lebih di maksimalkan lagi. Karena pada dasarnya untuk menjadi seorang creator youtube itu memerlukan perjuangan dan harus mempelajari nya terlebih dahulu dan bukan hanya sekedar upload video saja melainkan ada beberapa hal yang harus di patuhi terutama dalam pedoman youtube itu sendiri.

Perlengkapan Pembuatan Video Awal

  1. Kamera

Banyak sekali jenis kamera yang bisa kamu gunakan, mulai dari kamera murah sampai kamera mahal juga ada. Bahkan kamu juga bisa menggunakan kamera yang suka digunakan youtuber lainnya yang memang sudah terbilang sukses. Sebenarnya ada dua jenis kamera utama yang bisa kamu gunakan (kamera Compact dan DSLR).
Adapun kelebihan dan kekurangan dari dua jenis kamera tersebut :
  • Kamera Compact

Kamera ini memang terbilang mudah dan cocok untuk digunakan harian apalagi bagi kamu yang suka bikin vlog. Selain kecil ringan dan juga mudah untuk dibawa kemana – mana. Namun kebanyakan dari kamera compact ini tidak bisa mengatur fokus sesuai dengan yang kamu inginkan, tapi untuk kualitas gambar cukup jelas tergantung pada kualitas megafixel kamera itu sendiri.
  • Kamera DSLR

Siapa yang tidak tahu dengan jenis kamera yang satu ini, karena sekarang kebanyakan youtube menggunakan jenis kamera ini untuk membuat video youtube. Mulai dari yang murah sampai yang mahal dan biasanya lebih mahalan lensa dari pada body kamera DSLR itu sendiri, ya namanya juga perjuangan. Dengan menggunakan kamera DSLR memang hasil akan lebih memuaskan, fokus bisa di atur dengan mudah serta bisa mengganti lensa sesuai dengan kebutuhan, hanya susah untuk dibawa harian apalagi digunakan untuk negvlog dalam sebuah kegiatan karena terlalu besar.
Namun jika diantara kamu ada yang belum mempunyai salah satu jenis kamera diatas, jangan patah semangat. Guanakan kamera yang saat ini ada, bahkan bila perlu gunaan kamera handphone, karena sekarang kamera – kamera handphone juga sudah dibekali dengan kualitas yang cukup memuaskan bahkan bisa mengalahkan kamera DSLR tingkat bawah sampai pertengahan. 
  1. Micropon

Penggunaan mic dalam sebuah pembuatan video memang tidak terlalu kelihatan pengaruhnya jika hanya dilihat dari sebelah. Akan tetapi sebenarnya sangat berpengaruh jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal. Biasanya jika kita mengambil gambar dengan menggunakan mic bawaan kamera dan diambil lebih dari -3 meter maka suaranya akan kurang jelas. Apalagi jika kamu mengambilnya ditempat ramai, yang ada semua suara masuk, termasuk suara angin yang berhembus yang mengakibatkan noise.
mic rode youtuber


Hal itu tentunya sangat tidak diinginkan, untuk itu kamu bisa menggunakan mic tambahan baik itu mic besar yang bisa kamu pasang langsung di atas kamera atau menggunakan stand yang sudah disediakan. Namun jika untuk di lapangan, dengan jarak kamera yang jauh dari objek, maka kamu bisa menggunakan mic kecil yang di tempel pada tubuh atau baju.
  1. Pencahayaan

Kadang kita suka mengabaikan masalah pencahayaan, padahal cahaya dalam sebuah video sangat diperlukan dan bisa disesuaikan dengan tema video itu sendiri. Sederhananya, pencahayaan harus mempunyai  titik agar seimbang dan akan lebih bagus lagi jika lebih (disesuaikan dengan kebutuhan).
pencahayaan video
Lampu yang bisa digunakan untuk membuat cahaya aku sarankan menggunakan lampu LED atau Neon dan jangan mengunakan lampu pijar. Karena selain mengurangi daya listrik, lampu pijar juga terkesan panas sehingga jika kamu melakukan shoot dalam ruangan maka akan kepanasan hehe. Jangan lupa gunakan pencahayaan dengan softbox agar cahaya yang didapatkan lebih lembut dan membuat hasil gambar juga lebih maksimal.
Jika kamu belum punya, jangan terlalu memaksakan. Gunakan saja dulu cahayanya yang ada, alami dan pastinya gratis (Matahari). So buatlah video – video pada siang hari sehingga pencahayaan ter-cukupi, apalagi jika menggunakan kamera ber- ISO rendah. 
  1. Editing Video

Dalam hal edit video,disini kamu disarankan untuk menggunakan laptop/ komputer yang mempuni. Apalagi jika ingin ditambahkan efek – efek dalam video tersebut. Karena jika menggunakan laptop dengan spesifikasi rendah yang ada akan macet dan tidak bisa melakukan editing. Namun jika masih biasa, bisa dengan menggunakan yang standar – standar saja seperti Movie Maker.
Bahkan sekarang untuk editing video bisa juga dilakukan dengan menggunakan smartphone, namun aku lebih menyarakna dengan menggunakan laptop, karena biasanya kalau dengan menggunakan smartphone kualitasnya menjadi turun. Untuk software editing video sendiri sangat beragam, mulai dari yang berbayar sampai yang gratis juga ada. .
  1. Channel Youtube

Terakhir, jangan lupa siapkan channel youtube kamu. Jangan sampai video sudah dibuat, sudah di edit dan siap publish namun belum mempunyai channel youtube. Buatlah channel youtube dengan nama yang bagus, menarik dan sesuai dengan konten video yang kamu buat atau bisa juga dengan menggunakan nama sendiri. 
Nah, itulah perlengkapan mendasar yang harus kamu persiapkan untuk menjadi seorang youtuber. Namun jangan pernah menunggu lengkap untuk beraksi namun manfaatkan apa yang ada terlebih dahulu untuk bisa melengkapi apa yang kurang. Karena percuma semuanya sudah lengkap namun pelaksanaannya hanya setengah – setengah atau tidak maksimal. Terimakasih.

BACA JUGA :




Comments

Popular posts from this blog

BIOGRAFI MARION JOLA & MV (MUSIC VIDEO)

MV (Music Video) Chord Kunci Gitar Rizky Febian Ft. Marion Jola - Tak Ingin Pisah Lagi

BIOGRAFI ARIEL NOAH/ EX.PETERPAN & MV (MUSIC VIDEO)